Friday, May 30, 2014

Laporan Praktikum Algoritma dan Pemograman Pertemuan ke 16


#TEKNIK INFORMATIKA
PERTEMUAN 16 Kelas dan Obyek II
1. Pembahasan
Meciptakan obyek merupakan membuat sebuah program yg mana didalamnya terdapat sebuah kelas.
Tugas
class Mahasiswa{
String nim;
String nama;
String jurusan;
public void tampilInfo(){
System.out.println("NIM mahasiswa = "+nim);
System.out.println("Nama mahasiswa = "+nama);
System.out.println("Jurusan mahasiswa = "+jurusan);
}
public void ikutUjian(){
System.out.println("==================");
System.out.println("Mahasiswa ini sedang ikut RESPONSI");
}}
public class MahasiswaBeraksi{
public static void main (String [] args){
Mahasiswa adi = new Mahasiswa();
adi.nim=("135410226");
adi.nama=("Adi Achirul Rajab");
adi.jurusan=("Teknik Informatika");
adi.tampilInfo();
adi.ikutUjian();}
}
Pembahasan
class Mahasiswa{ nama dari program yang mana dibuat setiap pembuatan sebuah porgram untuk mempermudah user dalam pemanggilan program dengan diawali huruf kapital.
String nim; tipe data String untuk menyatakan huruf – huruf atau kata dalam sebuah program. variabel lokal bertipe String.
String nama; tipe data String untuk menyatakan huruf – huruf atau kata dalam sebuah program. variabel lokal bertipe String.
String jurusan; tipe data String untuk menyatakan huruf – huruf atau kata dalam sebuah program. variabel lokal bertipe String.
public void tampilInfo(){sebuah kelas yang berisi konstruktor dengan modifier public yang mana menyatakan untuk dapat dipanggil dari dalam maupun luar kelas tersebut. method yang apabila dipanggil tidak mengembalikan nilai apa - apa, adalah sebuah keharusan didalam java karena berungsi sebagai nama method dengan nama tanpilInfo yang mana akan dieksekusi diawal method.
System.out.println("NIM mahasiswa = "+nim); class standart pada java untuk menyatakan pernyataan yang akan dimasukkan, standar keluaran dari java dan termasuk dalam anggota System, standart method untuk menampilkan pernyataan dari standart out dengan pemanggilan variabel nim.
System.out.println("Nama mahasiswa = "+nama); class standart pada java untuk menyatakan pernyataan yang akan dimasukkan, standar keluaran dari java dan termasuk dalam anggota System, standart method untuk menampilkan pernyataan dari standart out dengan pemanggilan variabel nama.
System.out.println("Jurusan mahasiswa = "+jurusan); class standart pada java untuk menyatakan pernyataan yang akan dimasukkan, standar keluaran dari java dan termasuk dalam anggota System, standart method untuk menampilkan pernyataan dari standart out dengan pemanggilan variabel jurusan.
public void ikutUjian(){ sebuah kelas yang berisi konstruktor dengan modifier public yang mana menyatakan untuk dapat dipanggil dari dalam maupun luar kelas tersebut. method yang apabila dipanggil tidak mengembalikan nilai apa - apa, adalah sebuah keharusan didalam java karena berungsi sebagai nama method dengan nama ikutUjian yang mana akan dieksekusi diawal method
System.out.println("==================");class standart pada java untuk menyatakan pernyataan yang akan dimasukkan, standar keluaran dari java dan termasuk dalam anggota System, standart method untuk menampilkan pernyataan dari standart out.
System.out.println("Mahasiswa ini sedang ikut RESPONSI"); standar keluaran dari java dan termasuk dalam anggota System, standart method untuk menampilkan pernyataan dari standart out class standart pada java untuk menyatakan pernyataan yang akan dimasukkan,
public class MahasiswaBeraksi{ akses modifier yang dapat dipanggil didalam maupun di luar dari class MahasiswaBeraksi, nama dari program yang mana dibuat setiap pembuatan sebuah porgram untuk mempermudah user dalam pemanggilan program dengan diawali huruf kapital
public static void main (String [] args){ akses modifier yang dapat dipanggil didalam maupun di luar dari class program, kata kunci yang meungkinkan method main dapat dipanggil tanpa harus membuat dahulu objek yang berbentuk sederhana dan merupakan sifat dari method main, method yang apabila dipanggil tidak mengembalikan nilai apa - apa, adalah sebuah keharusan didalam java karena berungsi sebagai nama method dengan nama main yang mana akan dieksekusi diawal method, merupakan tipe data string dengan nama argumennya args yang mana Strinng diawali dengan huruf besar.
Mahasiswa adi = new Mahasiswa();untuk meciptakan sebuah obyek Mahasiswa baru yang diberi nama adi dan dimana sebuah konstruktor dipanggil dengan operator new.
adi.nim=("135410226"); pemberian nilai obyek pada variabel nim dengan bilangan 135410226 untuk mengisi nilai variabel nim. Dengan pemanggilan kelas menggunakan obyek gagah.
adi.nama=("Adi Achirul Rajab"); pemberian nilai/keterangan obyek pada variabel nama dengan kata Adi Achirul Rajab untuk mengisi nilai variabel nama. Dengan pemanggilan kelas menggunakan obyek gagah.
adi.jurusan=("Teknik Informatika"); pemberian nilai/keterangan obyek pada variabel jurusan dengan kata Teknik Informatika untuk mengisi nilai variabel jurusan. Dengan pemanggilan kelas menggunakan obyek gagah.
adi.tampilInfo();pelampiran atau pencetakan pernyataan yang terdapat dalam method tampilInfo. Dengan pemanggilan menggunakan obyek adi.
adi.ikutUjian();}pelampiran atau pencetakan pernyataan yang terdapat dalam method tampilInfo. Dengan pemanggilan menggunakan obyek adi.

}
2. Tugas
Membuat program tentang kelas orang dan jenisnnya
class Orang{
public int a;
public int b;
public Orang (int c, int d){
a=c;
b=d;}
public void setBalita(int c,int d){
a=c;
b=d;}
public void setAnak(int c,int d){
a=c;
b=d;}
public void setRemaja(int c, int d ){
a=c;
b=d;}
public void setDewasa(int c, int d ){
a=c;
b=d;}
public void setLansia(int c, int d ){
a=c;
b=d;}}
public class Manusia{
public static void main(String args[]){
Orang jenis = new Orang(1,5);
jenis.setBalita(1,5);
System.out.println("Balita");
System.out.println("Laki-laki = "+jenis.a+"-"+jenis.b+" tahun");
System.out.println("Perempuan = "+jenis.a+"-"+jenis.b+" tahun");
System.out.println();
jenis.setAnak(6,12);
System.out.println("Anak - Anak");
System.out.println("Laki-laki = "+jenis.a+"-"+jenis.b+" tahun");
System.out.println("Perempuan = "+(jenis.a-1)+"-"+(jenis.b-1)+" tahun");
System.out.println();
jenis.setRemaja(12,17);
System.out.println("Remaja");
System.out.println("Laki-laki = "+jenis.a+"-"+jenis.b+" tahun");
System.out.println("Perempuan = "+(jenis.a-1)+"-"+(jenis.b-1)+" tahun");
System.out.println();
jenis.setRemaja(17,30);
System.out.println("Dewasa");
System.out.println("Laki-laki = "+jenis.a+"-"+jenis.b+" tahun");
System.out.println("Perempuan = "+(jenis.a-1)+"-"+(jenis.b-1)+" tahun");
System.out.println();
jenis.setRemaja(31,50);
System.out.println("Lansia");
System.out.println("Laki-laki = "+jenis.a+"-"+jenis.b+" tahun");
System.out.println("Perempuan = "+(jenis.a-1)+"-"+(jenis.b)+" tahun");
}}
clip_image002
3. Kesimpulan
Dari hasil praktikum 16 tentang kelas dan obyek II, maka dapat di ambil kesimpulan:
4. Listing
Terlampir

Share this

0 Comment to " Laporan Praktikum Algoritma dan Pemograman Pertemuan ke 16 "

Post a Comment